Quiz 1 MPPL B 2022

Syamil Hibban Ahmad
05111840000041

1. Sebutkan perbedaan pekerjaan proyek dan pekerjaan rutin (Min 4).

Pekerjaan proyek bertujuan membangun sistem yang belum ada
Pekerjaan rutin mendayagunakan sistem yang telah ada secara terus-menerus.
Proyek memiliki batas waktu, batas anggaran dan terdiri dari banyak kegiatan.
Pekerjaan rutin berlangsung secara terus-menerus, tidak ada batas anggaran dan 
kegiatannya relatif sama.

 2. Apa saja yang perlu dikelola dengan baik, agar proyek dapat berhasil. Jelaskan. 

 Hal yang perlu dikelola dalam suatu proyek merupakan: Waktu, Biaya dan Ruang Lingkup Proyek

Elemen waktu dapat mencakup: Linimasa proyek keseluruhan, Jam yang dihabiskan untuk proyek, Waktu yang dialokasikan untuk perencanaan dan strategi dsb.

Biaya tidak terbatas pada nilai secara literal. Sering disebut juga sebagai "sumber daya", biaya ini mencakup semua perangkat, peralatan, dan dukungan yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. Variabel biaya/sumber daya ini mencakup lebih dari sekadar uang secara harfiah, tetapi umumnya segala sesuatu dalam titik ini yang dapat dikaitkan kembali dengan nilai finansial. Misalnya, penambahan karyawan membutuhkan anggaran tambahan untuk gaji.

Ruang lingkup adalah "ukuran" proyek dalam hal kualitas, detail, dan pentingnya hasil proyek. Seiring meningkatnya ukuran, proyek pasti membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya agar selesai.

3. Siapakah yang dimaksud dengan stakeholder dalam proyek. Sebutkan dan jelaskan perannya.

Stakeholder adalah suatu individu, grup atau organisasi yang dipengaruhi oleh hasil sebuah proyek. Stakeholder memiliki kepentingan dalam keberhasilan suatu proyek, dan dapat berasal dari internal atau eksternal yang mensponsori proyek tersebut.

Pemilik proyek berperan sebagai pemilik modal yang menjalankan dan mengelola proyek
Karyawan/Pegawai berperan menjalankan tugas yang diberikan oleh atasan
Konsumen adalah yang membeli, menggunakan atau mengonsumsi produk
Supplier yang menyediakan bahan baku atau keperluan produksi lainnya
Pemerintah adalah lembaga yang memiliki wewenang memberikan aturan, batasan dan perizinan proyek
Kompetitor yang memiliki produk yang sama atau serupa.

4. Komposisi Tim Proyek terdiri dari siapa saja? Apa peran masing-masing.

Tim proyek terdiri dari beberapa individual yang bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan. Individual tersebut yaitu Eksekutif, Manajer proyek, ketua tim dari beberapa departemen dan anggota tim.
Karakteristik utama dari jenis tim ini adalah bahwa setiap orang melapor kepada manajer proyek atau individu lain di puncak rantai komando.

Comments